Tips Memilih Kegiatan Holiday Summer Camp Untuk Anak

Summer camp anak

Summer camp merupakan salah satu kegiatan anak diluar sekolah yang bertujuan untuk mencari pengalaman yang berbeda dari apa yang didapat di sekolah. Summer camp bukan berarti harus berupa kegiatan berkemah lho ya, bisa juga dengan melakukan aktivitas yang asik di musim panas. Biasanya summer camp diadakan pada musim liburan sekolah anak. Walaupun identik dengan cuaca yang panas, kita tetap bisa memanfaatkan momen ini dengan melakukan banyak kegiatan bermanfaat agar liburan sekolah bisa memotivasi anak agar tetap produktif sekaligus memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Berikut adalah contoh kegiatan yang bisa anak lakukan bersama dengan orang tua baik itu didalam rumah maupun diluar rumah.

1. Berenang

anak berenang
Siapa yang tidak suka berenang saat cuaca sedang panas panas nya ? berenang memang menjadi kegiatan diluar ruangan yang cukup disukai oleh anak usia muda hingga orang dewasa. Selain seru, berenang juga menjadi salah satu kegiatan olahraga yang bermanfaat bagi tubuh agar aktif bergerak.

2. Berkemah

anak berkemah saat Summer camp
Menginap di alam terbuka bisa menjadi opsi untuk mencoba hidup di alam terbuka. Kita bisa memilih tempat yang sudah siap digunakan atau membangun tenda sendiri, kedua nya akna memberikan pengalaman yang berbeda. Bayangkan tidur dengan suasana hutan, menyalakan api unggun, dan memasak di alam terbuka. Tapi jangan lupa, disarankan untuk berkemah di tempat yang sudah terjamin keamanan dan kenyamanan nya ya.

3. Pergi ke Pantai

pergi ke pantai
Walaupun ada beberapa orang tidak menyukainya karena cuaca yang terik, namun bagi sebagian orang pergi ke pantai tetap menjadi hal yang menyenangkan, walaupun di tengah panasnya terik matahari. Di pantai, selain berenang, kita juga bisa bersantai di bawah pohon sambil menikmati udara pantai yang khas, bermain istana pasir, atau menikmati fasilitas kegiatan air lainnya seperti naik perahu dan lain lain.

4. Berkebun

berkebun
Apa yang kita tanam, menjadi apa yang akan kita petik. Begitulah kira-kira kata-kata bijaknya, hehe. Menanam berbagai jenis buat dan sayur bisa menjadi pilihan kegiatan yang bermanfaat. Kita bisa menanam apapun yang kita inginkan hasil nya nanti. Merawat tanaman juga bisa melatih ketekunan dan kesabaran untuk menanti hasil yang sudah ditunggu dari awal menggali tanah hingga tumbuh buat/sayur.

5. Menonton film

menonton film saat liburan
Kita juga bisa menikmati liburan tanpa harus keluar rumah lho. Mungkin bagi sebagian orang yang tidak tahan terhadap cuaca panas, beraktivitas di dalam rumah sudah menjadi pilihan paling tepat. Dirumah, kita bisa menonton film kesukaan bersama keluarga. Menonton film bersama bisa meningkatkan kebersamaan di dalam keluarga, saling berdiskusi tentang apa yang terjadi di film. Namun, tontonan yang ditayangkan harus sesuai dengan usia penonton ya.

6. Mini class by parent

belajar memasak dengan orang tua
Disekolah, anak belajar bersama guru. Dirumah, anak belajar bersama orang tua. Sebagai orang tua, menanamkan berbagai macam skill kepada anak memang sudah hal yang wajib dilakukan agar anak dapat hidup mandiri kedepan nya. Tidak perlu yang berat-berat, karena momen liburan adalah momen anak untuk refreshing setelah belajar di sekolah selama berbulan-bulan. Orang tua bisa membuat ide kegiatan yang seru seperti masak bersama, belajar bikin kue, belajar merapihkan barang-barang dirumah, belajar untuk memanfaatkan barang-barang tidak terpakai menjadi sebuah karya seni yang unik, dan masih banyak lagi.

Selain tidak diajarkan disekolah, kegiatan-kegiatan tersebut dapat merangsang kesadaran, daya kreativitas, sekaligus momen dimana anak dan orang tua bisa saling support.

7. Mengikuti kelas Holiday Program

Kelas holiday summer camp anak
Holiday Program adalah salah satu program summer camp yang diadakan rutin oleh Kalananti setiap liburan sekolah anak. Program summer camp ini memiliki kurikulum yang spesial setiap tahunnya. Kali ini, Kalananti mengangkat tema “Little Startup Founders” yang akan mengajak anak untuk memiliki pola berfikir seorang founders perusahaan. Dengan berbagai macam pilihan program mulai dari ScratchJr, Scratch, Minecraft Education, Roblox, Robotic, App Design, hingga Entrepreneurship. Ada juga program spesial field trip ke tech company yang bisa didapatkan secara GRATIS.

Dengan pilihan program yang beragam, memungkinkan anak untuk eksplorasi sesuai minat dan bakatnya. Apakah itu di bidang coding, DIY, design, atau berwirausaha. Tentu nya semua program telah dibuat menyesuaikan tema seorang founders.

Tertarik ? atau ingin tahu terlebih dahulu detail nya, bisa hubungi ke Whatsapp Admin Kalananti atau bisa kunjungi website nya di Holiday Program Kalananti.


holiday summer camp program

Maulana Rahman Nur