Selamat Hari Ibu, Pahlawan Pendidikan Anak Usia Dini

Selamat hari ibu, pahlawan pendidikan anak usia dini

Hari Ibu, yang jatuh pada tanggal 22 Desember, tidak hanya sekedar perayaan rutin. Lebih dari sekadar momen bersejarah, Hari Ibu menghidupkan kembali makna cinta tanpa syarat, pengorbanan, dan kehadiran yang mendalam. Salah satunya di dunia pendidikan anak ketika lahir bahkan hingga anak tumbuh dewasa.Hari Ibu, yang jatuh pada tanggal 22 Desember, tidak hanya sekedar perayaan rutin. Lebih dari sekadar momen bersejarah, Hari Ibu menghidupkan kembali makna cinta tanpa syarat, pengorbanan, dan kehadiran yang mendalam. Salah satunya dalam mendidik anak ketika lahir bahkan hingga anak tumbuh dewasa.

 

Sejarah Singkat Hari Ibu di Indonesia

Sejarah Hari Ibu di Indonesia merujuk pada Kongres Perempuan Indonesia pertama yang dilaksanakan pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta. Dari kongres ini, tiga mosi yang berkaitan dengan perempuan dihasilkan:

  1. Munculnya hasrat untuk membentuk organisasi yang solid dengan kehadiran “Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI)”.
  2. Pengembangan kesadaran tentang perempuan dan masyarakat luas.
  3. Mengenang perjuangan dan semangat kaum perempuan. Pada awalnya, peringatan Hari Ibu hanya untuk mengenang jasa ibu yang begitu istimewa. Namun, seiring waktu, Hari Ibu juga menjadi momen khusus untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas untuk memberikan dukungan dan mengingat kembali hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum.

Selain di Indonesia, hari ibu juga dirayakan di negara lain lho, Namun mereka merayakan nya di tanggal yang berbeda dengan kita di Indonesia. Perbedaan tersebut berdasarkan historis di masing-masing negara. Sebagai contohnya:

  1. Norwegia pada 13 Februari
  2. Inggris Raya pada minggu ketiga sebelum paskah
  3. Negara di Timur Tengah pada 21 Maret
  4. Hungaria, Spanyol, Portugal, dan Rumania pada 1 Mei
  5. AS, Korea Selatan, China, Finlandia, Afrika Selatan, Jerman, Australia, Yunani, Italia, Swiss, dan Belanda pada 8 Mei
  6. Polandia pada 26 Mei
  7. Prancis pada 29 Mei
  8. Rusia pada minggu terakhir November

 

Hari Ibu adalah waktu di mana kita merenung pada lembaran kisah itu dan memberikan penghormatan setinggi-tingginya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk Ibu di hari spesial ini seperti memberikan hadiah berupa barang fisik yang disukai ibu sekaligus bermanfaat, maupun yang non fisik seperti doa terbaik dan kalimat yang menyentuh hati. Berikut ucapan penuh arti dan doa dari berbagai tokoh dunia

 

Ucapan Yang Menyentuh Hati untuk Dipersembahkan Kepada Ibu

  1. “Ketika menatap ibu, kita akan melihat wujud cinta yang paling murni,” – Charley Benetto.
  2. “Kita lahir dari cinta, dan cinta itu adalah ibu kita,” – Rumi.
  3. “Cinta seorang ibu lebih indah daripada bunga segar manapun,” – Debasish Mridha.
  4. “Tangan ibu adalah yang paling nyaman dari siapapun,” – Putri Diana.
  5. “Cinta seorang ibu adalah segalanya. Itulah yang membawa seorang anak ke dunia ini. Itulah yang membentuk seluruh keberadaan mereka,” – Jamie McGuire.
  6. “Mahakarya terindah dari Tuhan adalah hati seorang ibu,” – St. Therese of Lisieux.
  7. “Seni menjadi ibu adalah mengajarkan seni hidup kepada anak-anak,” – Elaine Heffner.
  8. “Ibuku adalah panutanku bahkan sebelum aku mengerti apa maksud kata tersebut,” – Lisa Leslie.
  9. “Seorang ibu adalah dia yang dapat menggantikan semua orang lain, tetapi tempatnya tidak dapat diambil oleh orang lain,” – Cardinal Mermillod.
  10. “Kebahagiaan seorang ibu seperti mercusuar, menerangi masa depan tetapi juga mencerminkan masa lalu,” – Honore de Balzac.
  11. “Ibuku sangat cantik dan lembut, serta memiliki tulang yang terbuat dari besi. Aku ingin menjadi orang kuat seperti ibu,” – Jodi Picoult.
  12. “Semua yang saya miliki, atau yang pernah saya harapkan, semuanya adalah berkat ibu, malaikat saya,” – Abraham Lincoln.
  13. “Ibuku adalah sebuah bukti keajaiban yang nyata,” – Leonardo DiCaprip

 

Ibu adalah pahlawan sekaligus pelindung kita di sepanjang usia. Segala bentuk dedikasi dan pengorbanannya untuk kita, patut kita syukuri dan kita balas dengan kebaikan. Tidak ada hadiah yang dapat menyamai pengorbanan seorang ibu. Karna kita lahir dalam perjuangan seorang ibu, mulai dari masa mengandung, masa kanak-kanak, bahkan hingga dewasa, sosok seorang ibu tidak dapat tergantikan oleh siapapun.

 

Referensi: 

umsu.ac.id/artikel/hari-ibu-22-desember-2023-sejarah-singkat-dan-contoh-ucapan-hari-ibu

travel.kompas.com/read/2022/05/10/060200027/kenapa-perayaan-hari-ibu-beberapa-negara-berbeda-ini-penjelasannya?page=all

Maulana Rahman Nur