Mengisi libur lebaran dengan kegiatan seru bersama keluarga

Screenshot 2023-04-19 at 10.29.02Libur lebaran seringkali menjadi momen tersendiri bagi keluarga, namun tidak bisa dipungkiri kemacetan di saat libur lebaran menjadi hal yang tidak bisa terlepas dari nuansa lebaran. selain melakukan silaturahmi kepada keluarga moment mengisi waktu luang keluarga bersama anak menjadi hal yang dinantikan disaat libur lebaran, namun jangan khawatir! saat ini banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan dirumah bersama keluarga disaat libur lebaran loh!

Berikut ini kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga sambil mengasah keterampilan si kecil di saat libur lebaran.

 

  1. 1. Dekorasi rumah

Melakukan dekorasi rumah bersama keluarga bisa menjadi inspirasi kegiatan di awal lebaran, kegiatan ini akan menumbuhkan nuansa baru yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Buatlah sesi rancangan bersama, berilah tanggung jawab pada seluruh anggota keluarga untuk berpartisipasi dalam sesi rancangan dekorasi rumah yang ingin dibuat. keterlibatan antar seluruh anggota keluarga dapat meningkatkan afeksi antar anggota keluarga.

Rumah yang rapi dan memunculkan nuansa baru setelah didekorasi dapat meningkatkan memori bersama keluarga, proses dekorasi dapat dilakukan dan dibagi menjadi beberapa wilayah, seperti kamar tidur anak. berilah tanggung jawab kepada anak untuk menyusun rancangan dekorasi yang ingin mereka buat

 

  1. 2. Menyusun Hampers Lebaran

Hampers menjadi salah satu bentuk kasih yang biasa diberikan saat lebaran kepada teman ataupun keluarga, menyusun hampers lebaran dapat dilakukan bersama anggota keluarga dari mulai proses ideasi orang tua dapat menanyakan kepada anak apakah ada teman yang ingin diberikan hampers dan orang tua juga dapat mengajak anak melakukan ideasi bentuk hampers yang ingin dibuat maupun isi yang akan diberikan. 

Menghias dan mengisi hampers sendiri akan membantu menumbuhkan sentuhan personal kepada penerimanya dan membuatnya lebih berkesan. mengajak anak membuat hampers bersama juga akan menumbuhkan kesadaran berbagi karena anak merasakan proses dalam pembuatannya.

Screenshot 2023-04-19 at 10.26.58

  1. 3. Membuat Board Game

Saat libur lebaran dapat kamu manfaatkan untuk menjadi momen mendekatkan interaksi antar keluarga, momen tersebut dapat dilakukan dengan membuat board game yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga, rancanglah board game mu sendiri yang terdiri dari sistem permainan, rules, dan materials yang dibutuhkan. board game dapat dibuat seperti membuat board game monopoli yang jika salah satu pemain berhenti di titik tertentu ada challenge yang dibuat dalam bentuk kartu yang sudah disepakati isi dari challenge tersebut. 

Membuat board game ini dapat melatih proses ideasi dan kreatifitas anak dan juga board game ini cocok dimainkan oleh semua kalangan usia sehingga semua anggota keluarga dapat memainkannya.

Screenshot 2023-04-19 at 10.28.10

Yuk sambut libur lebaran dengan mempersiapkan kegiatan kreatif bersama keluarga. Dari semua rekomendasi kegiatan libur lebaran di atas, kira-kira kegiatan mana yang paling gak sabar untuk dicoba? yuk coba lakukan kegiatan tersebut dan tunjukan di media sosialmu dan tag akun media sosial kalananti disini

 

 

Nayla Mumtaza