Mengenal lebih dekat Larry Page, Pendiri Google yang sukses karena ilmu komputer

Pendiri google, larry page dan sergey brin

Tahukah kalian sosok Larry page? Ia merupakan pendiri Google, produknya hingga saat ini masih menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern.

Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana Google bisa sukses hingga saat ini, yuk simak artikel kalananti berikut ini. Selamat membaca!

Awal Mula Berdirinya Google

Google saat ini tidak hanya dikenal sebagai perusahaan, tetapi google sudah dijadikan tempat masyarakat mencari tau segala hal melalui kata kunci yang ditulis dalam satu klik saja.

Google sendiri pertama kali didirikan oleh seorang yang bernama Larry Page dan ia mengajak sahabatnya yang ia temui pada program pascasarjana ilmu komputer Universitas Stanford tahun 1996 yang bernama sergey Brin

 

Mereka memulai menyusun google berawal ketika Larry Page sedang menyusun disertasinya. Ia ingin meng-explore properti matematika pada World Wide Web. Fokus penelitian Larry mengarah ke skema backlink. Brin kemudian ikut membantu penelitian Larry. Proyek penelitian mereka berdua bernama “Backrub”. 

Setelah itu mereka juga mengembangkan algoritma PageRank. Algoritma ini akan mengukur seberapa penting suatu web berdasarkan data backlink-nya. Web crawler dari Backrub-lah yang akan mengumpulkan data backlink tersebut.

Mereka berdua kemudian menyadari bahwa algoritma tersebut bisa diimplementasikan untuk membangun search engine yang lebih superior.

Merintis Perusahaan Google di Garasi

Tahukah kalian bahwa perusahaan Google dimulai dari langkah kecil yang menjadi besar. Di tahun 1998, Larry dan Brin sangat optimis bahwa proyek ini bisa menjadi sesuatu yang besar. 

Mereka berdua kemudian mengumpulkan investasi dana dari keluarga dan teman-temannya. Uang tersebut mereka gunakan untuk menyewa suatu garasi. 

Mereka berdua mendaftarkan Google Inc. sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Sebagai pemilik Google, Larry mengangkat dirinya sendiri menjadi CEO dan Brin menjadi Presiden Google Inc.

Akhir tahun 1998, keunggulan Google sebagai mesin pencari sudah mulai terasa oleh khalayak. Meski masih berstatus “beta” , beberapa artikel menuliskan bahwa teknologi Google lebih baik dari berbagai portal pendahulunya, misalnya Yahoo, Netscape, Excite, AOL, MSN, dll.

Setelah semakin berkembang, mereka memutuskan untuk meninggalkan garasi di Menlo Park, California tersebut pada tahun 1999. Hingga saat ini, garasi tempat berdirinya Google masih sangat terkenal dan jadi tempat ikonik.

Kantor Google mereka pindahkan ke Palo Alto, tepatnya di  165 University Avenue.

Blog Banner-CI

Larry Page & Sergey Brin: Berani Membuat Terobosan untuk Mencapai Kesuksesan

Larry Page & Sergey Brin merupakan duet maut yang ada di belakang kesuksesan Google saat ini. 

Meski berasal dari keluarga privilege, mereka mereka tidak menggantungkan hidupnya pada hak istimewa yang mereka punya dan terus bekerja dengan sangat keras. Mereka memiliki nyali untuk terus membuat terobosan dan inovasi. Hal itulah yang membawa mereka berani mendirikan Google hingga akhirnya berada di titik ini.

Etos kerja dan mental inovatif bahkan masih tercermin pada Google hingga saat ini.

Nayla Mumtaza