Memangnya Anak Bisa Belajar Coding?

“Anak bisa belajar coding? Hmmm…”

Halo Ayah dan Bunda! Mungkin masih banyak dari kita yang merasa bahwa aktivitas coding itu adalah kegiatan yang sangat rumit. Padahal coding sendiri dapat dilakukan semua orang bahkan anak-anak sejak kecil loh! 

 

Apa itu coding?

Coding adalah aktivitas seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer. Kok bisa? Komputer atau mesin memiliki bahasa khusus yang terdiri atas barisan kode atau bisa dinamakan bahasa pemrograman. Jadi coding juga bisa dikatakan kegiatan menerjemahkan instruksi bahasa manusia menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti komputer.

 

"Tapi kan anakku masih kecil, perjalanannya masih jauh untuk memikirkan masa depan."

Mungkin Ayah dan Bunda pernah memiliki pemikiran seperti ini? Pemikiran tersebut memang benar, namun ada hal lain yang perlu diperhatikan. Justru coding itu sangat penting loh untuk perkembangan mereka. Alasannya karena coding memiliki segudang manfaat untuk masa depan si Kecil!

 

Manfaat Belajar Coding bagi Anak

Sebelum kita lanjut lagi, yuk kita bahas dulu apa saja sih manfaat coding bagi anak.

 

1. Melatih Kreativitas dan Critical-Thinking


Belajar coding akan mendorong si Kecil belajar lebih kreatif. Karena si Kecil akan berlatih menemukan solusi dari permasalahan coding yang ada. Proses mencari solusi dalam coding dan pemrograman ini akan mendorong anak berpikir kreatif dan kritis.

 

2. Mengasah Computational Thinking


Computational thinking adalah keterampilan untuk berpikir dan berkomunikasi dengan terstruktur dan logis. Dengan computational thinking, si Kecil akan menguraikan masalah menjadi beberapa bagian atau tahapan yang lebih efektif dan efisien. Melalui coding, si Kecil akan mempelajari konsep algortima dan logika sehingga membuat mereka terbiasa mengasah computational thinking atau pemikiran komputasi.

 

3. Melatih Resiliensi Mental


Resiliensi atau daya tahan mental sangat dibutuhkan sejak dini. Keterampilan ini juga dibutuhkan untuk menjaga kegigihan dan semangat si Kecil ketika menghadapi masalah. Ketika melakukan coding, si Kecil tentu akan menemui berbagai masalah dan kesalahan yang bisa membuatnya kesal dan frustrasi. Meski begitu, coding dapat membuat mereka lebih gigih dan tekun ketika menghadapi tantangan.

 

4. Mengenalkan metode learning-by-doing


Coding merupakan kegiatan yang fokus pada praktik daripada teori. Melalui coding, si Kecil akan terbiasa untuk belajar sambil berpraktik daripada terlalu menghabiskan waktu untuk berpikir teoritis. Selain itu juga bisa melatih kemampuan beradaptasi milik si Kecil.

 

Jadi Bagaimana Anak Belajar Coding?

Nah, kita kembali lagi jadi bagaimana sih cara si Kecil belajar coding? Metode coding yang digunakan bagi si Kecil dengan orang dewasa tentu berbeda. Si Kecil melakukan coding dengan sebuah program dan bahasa sederhana yang menarik bagi mereka. Tentu program coding tersebut telah dirancang agar terlihat menarik di mata anak-anak.

 

https://en.scratch-wiki.info/wiki/Scratch_3.0

 

Si Kecil dapat belajar coding menggunakan program khusus, misalnya Scratch! Program ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan teknologi pada si Kecil secara mudah dan mengasyikkan. Coding dengan aplikasi ini menggunakan balok-balok kode yang ditarik dan diletakkan pada balok lainnya sehingga membentuk sebuah perintah pada komputer. Hal ini menjadikan coding sebagai kegiatan yang mengasyikkan tapi tetap produktif bagi si Kecil!

 

Tapi bagaimana dan dimana sih caranya si Kecil bisa belajar coding? Eits, jangan khawatir! Kalananti sebagai tempat belajar coding dan inovasi adalah pilihan yang sangat cocok bagi Ayah dan Bunda! Bersama Kalananti, si Kecil tidak hanya belajar coding, namun juga melatih kemampuan berinovasi. Kalananti menggunakan kurikulum original dan para guru yang kompeten dapat membimbing si Kecil untuk belajar dan memahamai coding dengan baik!

 

Apa Syarat Anak Belajar Coding?

Sebenarnya tidak ada syarat khusus seorang anak dapat belajar coding. Asalkan si Kecil terbiasa dengan gawai, sudah mampu baca-tulis, dan tertarik pada dunia teknologi, ia dapat mulai belajar coding. Jangan khawatir jika si Kecil tidak pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Justru bersama Kalananti, si Kecil akan belajar sambil bermain bersama teman-temannya.

 

Ingin tahu info lebih lanjut tentang Kalananti ataupun kursus coding dan innovation? Jangan ragu hubungi Kakmin di kontak-kontak berikut ini ya!

Profile

Admin Kalananti