Memangnya Anak Bisa Belajar Coding?

“Anak bisa belajar coding? Hmmm…”

Halo Ayah dan Bunda! Mungkin masih banyak dari kita yang merasa bahwa aktivitas coding itu adalah kegiatan yang sangat rumit. Padahal coding sendiri dapat dilakukan semua orang bahkan anak-anak sejak kecil loh! 

 

Apa itu coding?

Coding adalah aktivitas seseorang untuk berkomunikasi dengan komputer. Kok bisa? Komputer atau mesin memiliki bahasa khusus yang terdiri atas barisan kode atau bisa dinamakan bahasa pemrograman. Jadi coding juga bisa dikatakan kegiatan menerjemahkan instruksi bahasa manusia menjadi bahasa pemrograman yang dimengerti komputer.

“Tapi kan anakku masih kecil, perjalanannya masih jauh untuk memikirkan masa depan.”

Mungkin Ayah dan Bunda pernah memiliki pemikiran seperti ini? Pemikiran tersebut memang benar, namun ada hal lain yang perlu diperhatikan. Justru coding itu sangat penting loh untuk perkembangan mereka. Alasannya karena coding memiliki segudang manfaat untuk masa depan anak!

 

Manfaat Belajar Coding bagi Anak

Sebelum kita lanjut lagi, yuk kita bahas dulu apa saja sih manfaat coding bagi anak.

1. Melatih Kreativitas dan Critical-Thinking

Belajar coding akan mendorong anak belajar lebih kreatif. Karena anak akan berlatih menemukan solusi dari permasalahan coding yang ada. Proses mencari solusi dalam coding dan pemrograman ini akan mendorong anak berpikir kreatif dan kritis.

2. Mengasah Computational Thinking

Computational thinking adalah keterampilan untuk berpikir dan berkomunikasi dengan terstruktur dan logis. Dengan computational thinking, anak akan menguraikan masalah menjadi beberapa bagian atau tahapan yang lebih efektif dan efisien. Melalui coding, anak akan mempelajari konsep algortima dan logika sehingga membuat mereka terbiasa mengasah computational thinking atau pemikiran komputasi.

Baca Juga : Apa itu computational thinking?

3. Melatih Resiliensi Mental

Resiliensi atau daya tahan mental sangat dibutuhkan sejak dini. Keterampilan ini juga dibutuhkan untuk menjaga kegigihan dan semangat anak ketika menghadapi masalah. Ketika melakukan coding, anak tentu akan menemui berbagai masalah dan kesalahan yang bisa membuatnya kesal dan frustrasi. Meski begitu, coding dapat membuat mereka lebih gigih dan tekun ketika menghadapi tantangan.

4. Mengenalkan metode learning-by-doing

Coding merupakan kegiatan yang fokus pada praktik daripada teori. Melalui coding, anak akan terbiasa untuk belajar sambil berpraktik daripada terlalu menghabiskan waktu untuk berpikir teoritis. Selain itu juga bisa melatih kemampuan beradaptasi milik anak.

Jadi Bagaimana Anak Belajar Coding?

Nah, kita kembali lagi jadi bagaimana sih cara anak belajar coding? Metode coding yang digunakan bagi anak dengan orang dewasa tentu berbeda. anak melakukan coding dengan sebuah program dan bahasa sederhana yang menarik bagi mereka. Tentu program coding tersebut telah dirancang agar terlihat menarik di mata anak-anak.

 

https://en.scratch-wiki.info/wiki/Scratch_3.0

 

Anak dapat belajar coding menggunakan program khusus, misalnya Scratch! Program ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan teknologi pada anak secara mudah dan mengasyikkan. Coding dengan aplikasi ini menggunakan balok-balok kode yang ditarik dan diletakkan pada balok lainnya sehingga membentuk sebuah perintah pada komputer. Hal ini menjadikan coding sebagai kegiatan yang mengasyikkan tapi tetap produktif bagi anak!

Tapi bagaimana dan dimana sih caranya anak bisa belajar coding? Eits, jangan khawatir! Kalananti sebagai tempat belajar coding dan inovasi adalah pilihan yang sangat cocok bagi Ayah dan Bunda! Bersama Kalananti, anak tidak hanya belajar coding, namun juga melatih kemampuan berinovasi. Kalananti menggunakan kurikulum original dan para guru yang kompeten dapat membimbing anak untuk belajar dan memahamai coding dengan baik!

 

Apa Syarat Anak Belajar Coding?

Sebenarnya tidak ada syarat khusus seorang anak dapat belajar coding. Asalkan anak terbiasa dengan gawai, sudah mampu baca-tulis, dan tertarik pada dunia teknologi, ia dapat mulai belajar coding. Jangan khawatir jika anak tidak pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Justru bersama Kalananti, anak akan belajar sambil bermain bersama teman-temannya.

Ingin tahu info lebih lanjut tentang Kalananti ataupun kursus coding dan innovation? Atau ingin mencoba trial class nya ? Jangan ragu untuk daftar sekarang ya!

Trial Class

Admin Kalananti