Masa Depan Anak Cerah dengan Coding dan Robotic

Masa depan cerah dengan coding dan robotic

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan anak-anak harus mempersiapkan diri untuk menjawab segala tantangan. Pendidikan teknologi di era digital pada anak usia dini sudah sampai kepada teknologi coding dan robotic.

Belakangan istilah coding dan robotic sangat populer, dan memang banyak peminat karena memiliki prospek yang sangat bagus. Faktanya adalah teknologi yang kita gunakan sehari-hari seperti smartphone merupakan hasil proses coding, dan di masa depan robotic memiliki potensi untuk membantu manusia dalam beraktivitas, manufaktur berkelanjutan, dan pemeliharaan lingkungan, bahkan beberapa pekerjaan manusia akan tergantikan oleh robot.

Keterampilan di bidang teknologi sudah menjadi kebutuhan dasar, mulai dari menerapkannya pada kegiatan sehari-hari, sampai dengan untuk masa depan anak-anak. Untuk itu sejak usia dini anak harus mengenal dan mempelajari teknologi, khususnya teknologi coding dan robotic, karena akan membantu anak-anak sebagai generasi masa depan mempersiapkan diri.

Mengenal Teknologi Coding dan Robotic

Menurut PAUDPEDIA, istilah coding berkaitan dengan perintah yang dipahami dan dijalankan oleh komputer. Pengertian coding adalah cara manusia berkomunikasi dengan komputer dengan cara menciptakan aplikasi yang berguna dalam penyelesaian masalah. Pendidikan teknologi coding berarti kegiatan yang dapat memberikan stimulasi anak sejak usia dini terhadap cara anak berpikir kreatif, sikap bekerjasama dan berkomunikasi. 

Robotic adalah bidang ilmu yang berkaitan dengan desain, pembuatan, dan penggunaan robot. Dalam hal ini, robot adalah elektronik yang dapat melakukan tugas secara otomatis atau bantuan pengendali manusia. Robotic menggabungkan berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu komputer, teknik elekktronik, dan teknik mesin. Robotic atau robotika mencakup berbagai jenis robot, mulai dari robot industri seperti bidang kesehatan, manufaktur, hingga robot pembersih rumah tangga.

Manfaat Pendidikan Teknologi Coding dan Robotic

Coding dan robotic merupakan cara yang populer dan efektif memperkenalkan teknologi kepada anak-anak. Belajar coding dan robotik memungkinkan anak menjadi inovator teknologi masa depan. Mengasah potensi dan keterampilan dalam pengembangan teknologi, dan memahami bagaimana teknologi bekerja, serta bagaimana menggunakannya untuk memecahkan masalah.

Pada ditpsd.kemdikbud, dijelaskan bahwa manfaat pendidikan coding adalah:

  • Pada dasarnya membekali mereka untuk memiliki kemampuan berpikir yang terstruktur dan logis, untuk mengembangkan kemampuannya di masa yang akan datang. 
  • Saat belajar coding anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan memecahkan masalah.
  • Coding juga menjadi salah satu contoh berpikir out of the box 
  • Dengan coding anak-anak dapat mengekspresikan ide dan kreativitas mereka, misalnya pengembangan aplikasi, dan game sederhana.

Sama halnya dengan belajar teknologi coding, belajar teknologi robotic juga memiliki manfaat untuk anak-anak, antara lain sebagai berikut:

  • Meningkatkan kepercayaan diri anak, proses panjang membuat robot membuat anak menghargai proses dan hasil karyanya, dan merasakan kepuasan dari proses belajar tersebut.
  • Belajar komunikasi dan kolaborasi, untuk membuat dan menguji robot mengajarkan anak-anak belajar komunikasi dan bekerja sebagai tim, serta membantu dalam interaksi sosial.
  • Robotika menawarkan pengalaman belajar yang praktis melalui pembuatan dan pemrograman robot.

Mengingat saat ini banyak pekerjaan-pekerjaan yang berbasis program coding menjadi salah satu cara yang tercepat untuk mengembangkan kemampuan yang inovatif.

Sebelum memulai belajar coding dan robotic, penting untuk mempertimbangkan perkembangan kognitif, minat, dan kesiapan anak. 

Jika memang anak berminat segera daftar di tempat kursus khusus coding dan robotic Kalananti by ruangguru, ada program dan kursus coding dan robotic yang dirancang untuk berbagai kelompok usia anak, salah satunya adalah: program Kalananti Coding anak usia 5 tahun (ScratchJr), atau program Kalananti Robotic anak usia 7 tahun (LEGO based Robotic dan DIY Robotic).

Semoga anak-anak Indonesia dapat mengeksplorasi dunia teknologi dengan menyenangkan dan penuh semangat.

 

Penulis: Amalia Wulandari

 

Referensi:

paudpedia.kemdikbud.go.id/komunitas-pembelajar/guru-kreatif/mengenal-konsep-coding-pada-anak-usia-dini?ref=MjAyMTA4MjQxMDAxNTAtZDZiMTFhZGU=&ix=Mi0yNzUzY2RjMw==

ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/anak-bisa-belajar-coding-sambil-bermain

 

Maulana Rahman Nur