Makerspace Project Challenge di Kalananti Makerspace

Makerspace Project Challenge di Kalananti Makerspace

Setiap orang tua menginginkan anak untuk dapat tumbuh sebagai pribadi yang kreatif. Anak yang kreatif tentu akan menjadi lebih percaya diri di masyarakat dan rasa percaya diri tersebut yang nantinya akan menjadi keterampilan di masa mendatang. Salah satunya yaitu kemampuan berpikir kritis dan berani mengambil keputusan. Daya kreatifitas yang tinggi bagi anak mampu mendorong anak untuk dapat lebih mudah menerima tantangan, lebih mudah berkonsentrasi, dan dapat mengeluarkan ide yang luar biasa. Hal tersebut mampu membantunya menghadapi masa depan dengan tantangan yang beragam. 

Kalananti Makerspace hadir sebagai sarana kolaboratif dan inovatif sebagai bentuk perhatian terhadap pentingnya tempat pengembangan kreativitas anak. Selain itu, Kalananti Makerspace memberikan alat yang mampu mendukung proses pengembangan kemampuan belajar STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics). Metode pembelajaran STEAM ini menggabungkan keterampilan ilmu pengetahuan dan teknologi kedalam proses belajar Anak. Para siswa nantinya akan belajar menemukan solusi untuk sebuah permasalahan secara individu maupun berkelompok dengan mengembangkan bakat yang dimiliki masing-masing individu. Dengan kemampuan maker mindset yang anak miliki, mereka akan menghasilkan solusi yang inovatif.

Hadirnya Makerspace pada proses belajar anak merupakan langkah awal menciptakan lingkungan atau habitat bagi lahirnya inovasi yang dapat anak serap dan implementasikan di masa kini serta masa mendatang. Makerspace Kalananti menyediakan alat dan bahan yang dapat diakses dan digunakan secara bebas bagi penggunanya, peralatan untuk menggunting, bor, solder, dan berbagai alat lainnya Makerspace ada untuk dapat membantu anak membuat project nyata yang dapat memungkinkan anak mengeksplorasi, berpikir, dan berimajinasi.

 

Makerspace Challenge 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh anak untuk dapat melatih maker mindset mereka, salah satunya dengan membuat mainan sederhana yang dapat dibuat dengan mudah dan tentu dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics). Kalananti memberikan tantangan kepada pengunjung Makerspace Kalananti Center untuk dapat membuat project mobil sederhana dari bahan bahan yang telah disediakan.

Mencari kegiatan seru yang bisa dilakukan baik weekend maupun weekdays? yuk rasakan aktivitas seru di makerspace Kalananti. Anak akan diperkenalkan berbagai tantangan, dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks dan terstruktur hingga terbuka.

 

Let’s Start!

 

Alat dan bahan

  1. 1. Botol plastik
  2. 2. Sedotan 
  3. 3. Tusuk sate
  4. 4. Tutup botol
  5. 5. Lampu LED
  6. 6. Baterai kancing
  7. 7. Balon tiup

Setelah bahan dan alat yang dibutuhkan sudah lengkap, berikut langkah-langkah nya:

  • 1. Siapkan 1 botol plastik yang dapat dijadikan sebagai badan mobil
  • 2. Siapkan tusuk sate yang dapat dijadikan penggerak ban mobil 
  • 3. Siapkan sedotan kecil untuk dapat melapisi tusuk sate sebagai bahan awal penggerak ban mobil
  • 4. Tempelkan sedotan kecil dan tusuk sate di dalam sedotan kecil kebagian bawah mobil
  • 5. Siapkan roda dari tutup botol, tusuk tutup botol ke setiap ujung tusuk sate dan cob agar roda dari tutup botol tersebut bisa berjalan
  • 6. Bolongkan bagian atas mobil untuk dapat dimasukkan sedotan
  • 7. ujung sedotan pada bagian atas mobil pasangkan balon dan lapisi selotip agar balon merekat dengan sempurna pada sedotan
  • 8. Siapkan baterai kancing dan lampu LED kecil lalu gabungkan ujung kaki lampu LED pada baterai kancing
  • 9. Mobil coba dijalankan dengan cara ditiup sampai balon pada mobil mengembang, dan lepaskan mobil di lantai

Jika ingin mencoba untuk berkarya bersama di Makerspace Kalananti, berikut langkah-langkah untuk melakukan registrasi di Makerspace Kalananti:

  1. 1. Melakukan reservasi untuk mengikuti kegiatan di Makerspace melalui kontak whatsapp kami di 0819-9000-9680
  2. 2. Dapat dikerjakan secara individu atau berkolaborasi dengan ayah dan bunda di makerspace Kalananti
  3. 3. Pengerjaan dalam waktu 1×60 menit
  4. 4. Inovasikan karyamu dengan berbagai bentuk mobil
  5. 5. Foto dirimu dan hasil karyamu dan tempelkan hasil foto pada wall of makers di Makerspace Kalananti, datanglah kembali dan lihat seberapa banyak orang yang menyukai hasil karyamu dari bintang yang ditempelkan pada fotomu.
  6. 6. Tunjukkan hasil inovasi mu pada kakak fasilitator dan dapatkan sticker Kalananti sebagai tanda telah menyelesaikan challenge

 

Design Challenge : Asah kreativitasmu di makerspace kalananti

 

Design challenge ditujukan untuk dapat mendorong anak melatih kreatifitas dalam menginovasikan karya yang dibuat dalam makerspace, eksplorasikan kreatifitasmu dan hias mobil di makerspace kalananti dengan berbagai alat dan bahan yang disediakan. 

 

Imajinasikanlah design yang ingin kamu buat dan rancanglah desain mobilmu sendiri dengan sekreatif mungkin dan dapatkanlah sticker kalananti setiap kamu menyelesaikan challenge, si kecil dapat menginovasikan karya yang dibuat menggunakan tahapan Engineering Design Proses dapat dibaca di sini

 

Baca Juga Mengenal lebih dekat Makerspace sebagai ruang eksplorasi kegiatan STEAM

 

Nah, gimana? kegiatan seru dan inovatif ini dapat dijadikan sebagai salah satu aktivitas rutin bagi anak, selain mendapatkan pengalaman yang seru dan menarik di makerspace kalananti tentu anak akan mendapatkan pengembangan pola pikir baru yang dapat bermanfaat untuk masa depan anak.

Mau ikut kegiatan seru lainnya di makerspace kalananti? yuk ikuti kegiatan STEAM day di makerspace kalananti dan daftarkan dirimu segera di bit.ly/steamday_kalananti

Nayla Mumtaza