Liburan Seru Untuk Anak di Kalananti Center Melalui Kegiatan STEAM Day

Liburan Seru Untuk Anak di Kalananti Center Melalui Kegiatan STEAM Day

Pada tanggal 25 Februari 2023 telah dilaksanakan kegiatan STEAM Day dengan mengangkat tema Smart House, anak-anak diajak untuk melakukan kegiatan yang mampu mengasah skill dan pengetahuannya mengenai STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) di Kalananti Center.

Di sesi pertama anak diajak untuk melakukan kegiatan dengan membuat planning sebagai tahap pertama dalam pembuatan project. Dari proses planning tersebut anak diajak untuk merancang Smart House yang telah mereka perhitungkan jumlah kebutuhan dalam membuat Smart House berupa maket atau miniatur Smart House. Planning yang mereka buat dalam bentuk denah Smart House mengajarkan anak tentang bagaimana memanajemen bahan sesuai dengan kebutuhan.

Proses pembelajaran di STEAM Day ini diawali dengan mengamati sample maket yang dibawa oleh fasilitator/pengajar. Pengajar membawakan proses pembelajaran tematik yang membuat anak merasa senang belajar dan merasa sedang berada dalam petualangan sehingga membuat proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.

Langkah pertama pembuatan maket Smart House ini adalah dengan menggambar dan menggunting pola pada kardus. Kemudian, siswa merakit potongan-potongan kardus/stik es krim dengan merekatkannya menggunakan lem. Setelah lem kering, maket dihias sesuai kreatifitas anak masing-masing. Terakhir, anak diberi kebebasan untuk menambahkan berbagai ornamen sebagai perabot dan hiasan pada miniatur Smart House yang mereka buat.

Tujuan dari pembelajaran ini yaitu melalui kegiatan praktik secara langsung, anak dapat mengasah kemampuannya yang tidak hanya berdasarkan pada teori belaka sehingga anak juga dapat memahami proses pembuatan serta merancang dan membuat maket Smart House dengan terstruktur dan sistematik.

Pembuatan maket ini dilakukan secara individu dan didampingi oleh orang tua masing-masing sehingga kegiatan yang berlangsung ini mampu mendorong kerjasama antar keluarga. Anak dan orang tua diajak untuk berimajinasi dan mengembangkan ide nya bersama dalam proses pembuatan maket tersebut.

 

 

Proses pembelajaran tematik yang dimuat dalam kegiatan STEAM Day di Kalananti Center kali ini diangkat melalui tema sustainability energy. Anak diajak untuk dapat menyelamatkan kehidupan di masa depan dengan melakukan proses pencegahan melalui upaya hemat energi. Pembuatan maket Smart House yang mereka buat harus didukung dengan upaya pemasangan instalasi listrik yang tepat guna melalui proses pembelajaran memasang rangkaian listrik seri dan paralel pada maket Smart House yang mereka buat.

Setelah selesai membuat miniatur Smart House menggunakan bahan dasar kardus, anak diajak untuk mulai membuat instalasi listrik sederhana dengan membuat mini instalation di dalam Smart House nya menggunakan rangkaian listrik seri dan paralel, kegiatan ini mampu mengasah pengetahuan anak mengenai konsep electricity, anak juga diajarkan konsep aliran listrik yang mampu menyalurkan energi dari sumbu negatif dan positif serta penggunaan baterai, kabel jumper, dan lampu sederhana untuk menyalurkan energi dari baterai.

Di akhir sesi kegiatan anak akan diajak untuk melakukan presentasi di atas panggung, sehingga orang tua dan teman dapat melihat hasil karya yang telah dibuat oleh anak, kegiatan tersebut juga ditujukan untuk dapat melatih kepercayaan diri anak selama mengikuti kegiatan STEAM Day dengan tema Smart House kali ini.

Kegiatan edukatif STEAM Day berlangsung dengan menyenangkan dan anak mampu membuat Smart House nya sendiri dan membawa pulang project-nya. Selain itu, anak juga dapat pengalaman serta pengetahuan baru yang dapat di eksplor/kembangkan kembali kedepannya. Kegiatan ini akan dilakukan rutin setiap bulannya di Kalananti Center dan diharapkan kegiatan ini mampu menjadi kegiatan yang dapat mengobati rasa jenuh anak di saat weekend dan dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat dengan berbagai kegiatan edukatif yang menyenangkan.

 

Kegiatan STEAM Day di Kalananti Center berlangsung setiap sebulan sekali, untuk mengetahui info selanjutnya kegiatan STEAM Day di bulan ini, Yuk cek instagram Kalananti dan daftarkan dirimu segera!

{% module_block module “widget_1679279510959” %}{% module_attribute “label” %}Button{% end_module_attribute %}{% module_attribute “path” %}@hubspot/button{% end_module_attribute %}{% module_attribute “module_id” %}8243667{% end_module_attribute %}{% module_attribute “schema_version” %}2{% end_module_attribute %}{% module_attribute “tag” %}module{% end_module_attribute %}{% module_attribute “no_wrapper” %}false{% end_module_attribute %}{% module_attribute “link” %}{“url”:{“content_id”:null,”href”:”https://www.instagram.com/kalananti/?hl=id”,”type”:”EXTERNAL”},”open_in_new_tab”:true,”no_follow”:true}{% end_module_attribute %}{% module_attribute “button_text” %}Instagram Kalananti{% end_module_attribute %}{% module_attribute “css” %}{“margin-top”:”10px”}{% end_module_attribute %}{% module_attribute “child_css” %}{}{% end_module_attribute %}{% end_module_block %}

Nayla Mumtaza