12 Ide Kegiatan Anak Di Dalam dan Luar Rumah, Cocok untuk Liburan!

Kegiatan liburan sekolah

Ayah dan Bunda bingung mau mengajak anak kemana di liburan sekolah kali ini ? Yuk temukan ide nya di artikel ini

—-

Liburan sekolah adalah hari yang sangat dinantikan oleh anak-anak. Tentunya, anak sudah memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas yang seru untuk mengisi hari liburan sekolah mereka. Hal tersebut seringkali menjadi PR baru bagi orang tua agar anak-anak bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat selama liburan sekolah.

Ternyata, selain bermain game di gadget, ada aktivitas lain yang dapat anak lakukan loh! Kegiatan-kegiatan ini akan memberi banyak dampak positif dan pastinya tidak membosankan. Meski begitu, Ayah dan Bunda tetap harus awasi mereka ketika bermain, ya.

Ingin tahu ide kegiatan anak selama liburan yang dapat dilakukan di rumah dan di luar rumah?

 

Kegiatan Anak di Luar Rumah

1. Petualangan di alam terbuka 

Bawa anak-anak untuk menjelajahi alam terbuka, seperti taman, hutan, pegunungan, atau pantai. Mereka dapat melakukan hiking, mengamati alam, mencari batu atau kerang yang menarik, atau membuat perkemahan sederhana. Selain pilihan di atas, mengunjungi kebun binatang juga bisa jadi rekomendasi liburan edukatif untuk anak dalam mempelajari flora dan fauna yang ada di Indonesia

 

2. Mengunjungi museum atau galeri seni 

Mengunjungi museum atau galeri seni bisa menjadi pilihan Ayah dan Bunda untuk mengisi liburan anak. Dengan mengunjungi museum, anak bisa mengenal sejarah lebih efektif daripada di sekolah karna bisa secara langsung melihat kisah sejarah yang dapat menginspirasi di masa depan.

Selain museum, pameran galeri seni juga bisa menjadi opsi agar anak lebih mengenal dan mempelajari seni dan budaya yang ada di dalam atau luar negeri.

 

3. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial

Mengajak anak untuk berpartisipasi di kegiatan sosial ketika liburan sekolah bisa membantu anak belajar tentang pentingnya memberi dan berbagi dengan orang lain. Misalnya, Ayah dan Bunda bisa mengajak anak mengunjungi panti asuhan atau rumah lansia, lalu ikut membantu di kegiatan sukarela, seperti membaca buku, menyanyi, atau menggambar. Melalui interaksi ini, anak bisa melatih menumbuhkan rasa empati dan penghargaan terhadap kehidupan orang lain.

 

4. Berolahraga Bersama

Selain bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, berolahraga bersama di pagi hari juga bisa menjadi pilihan aktivitas bersama anak untuk mengisi kegiatan liburannya.. Setelah berolahraga ringan dan menghirup udara segar, Ayah dan Bunda bisa mencari sarapan bersama yang lezat. Pilihlah tempat olahraga dengan pemandangan yang indah atau arena bermain, agar anak bisa menikmatinya dan pulang dengan hati yang senang. 

 

5. Mengunjungi keluarga atau saudara

Kegiatan saat liburan anak selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi keluarga atau saudara. Tak hanya menyenangkan, berkunjung atau berkumpul bersama keluarga juga dapat menjadi momen yang bisa mempererat hubungan keluarga dengan anak.

 

6. Mengunjungi Taman Baca

Ada Taman Baca di tempat Ayah dan Bunda tinggal? Kalau ada, ini juga bisa jadi ide kegiatan liburan yang bermanfaat, loh. Di Taman baca, Ayah atau Bunda bisa melatih anak untuk lebih mengenal dan menyukai aktivitas membaca. Tentunya membaca bisa menjadi investasi untuk anak di masa depan karena dengan membaca, anak bisa mendapat berbagai macam pengetahuan yang tidak diajarkan di bangku sekolahnya. Selain meningkatkan dan mengenalkan anak pada bacaan, aktivitas di taman baca juga bisa meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak dengan mendapatkan kenalan baru.

Selain di luar rumah, Ayah Bunda juga bisa menciptakan liburan seru walaupun di rumah aja. Berikut ide kegiatan seru di dalam rumah. 

 

Kegiatan Anak di Dalam Rumah

7. Belajar bahasa asing

Mungkin kegiatan ini baru didengar oleh sebagian orang tua. Namun tidak ada salahnya jika menggunakan waktu tersebut untuk semakin memperdalam bahasa asing selama libur sekolah. Karena belajar bahasa asing sangat bermanfaat untuk memudahkan menjalani proses belajar di sekolah. Terlebih jika buku pelajaran sekolah yang akan kamu gunakan banyak tersedia dalam bahasa asing. Melatih anak belajar bahasa asing tentunya juga akan bermanfaat di masa depan.  

Saat ini sudah sangat banyak kursus yang berbentuk bootcamp untuk mempelajari bahasa asing, mengajak anak melakukan kegiatan tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi anak. 

 

8. Permainan dengan challenge 

Nyatanya, kegiatan liburan seru bersama anak tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, loh! Ayah dan Bunda juga bisa nih mengajak si kecil bermain di dalam rumah. Salah satunya dengan bermain lego yang akan men-challenge kreativitas dan pola berpikir si kecil.

Menurut pengembangan Lego Play Well Study 2022, bermain lego mampu meningkatkan 92 persen keterampilan memecahkan masalah, dan meningkatkan kepercayaan diri sebanyak 91 persen. Ketika membuka 1 kotak Lego, anak harus berpikir tentang susunan apa yang harus dibangun, bagaimana proses membangunnya, dan cara untuk mewujudkan bangunan tersebut seperti apa yang ada di dalam imajinasinya. Hal tersebut yang mampu mendorong cara berfikir sistematis dan meningkatkan keterampilan memecahkan masalah bagi anak.

Namun, ternyata bermain lego tidak hanya memiliki manfaat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jauh lebih dalam, ternyata bermain lego mampu meredakan beberapa gejala gangguan mental pada anak, seperti pada anak Autism dan ADHD. Didukung oleh data dari learning curve psych, sebuah penelitian telah menunjukkan anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD), kecemasan, dan depresi, dapat meningkatkan kompetensi sosial mereka secara signifikan melalui terapi yang dilakukan menggunakan permainan Lego.

Wah, menarik banget bukan? Selain memberikan banyak manfaat, lego juga dapat dijadikan salah satu ide kegiatan anak yang menarik untuk mengisi waktu luang liburan sekolah. Tidak hanya itu, jika orang tua tidak ada waktu untuk mendampingi anak mempelajari permainan lego, saat ini banyak kegiatan bootcamp yang dapat dijadikan pilihan untuk mengajak anak bermain sambil mengasah keterampilannya, misalnya dengan mengajak anak melihat tutorial di youtube di channel youtube Yudist Ardhana, mengikuti aktivitas lego di lego center yang tersedia di mall-mall terdekat, atau mengikuti kelas 3D bricks di Kalananti by Ruangguru.

 

9. Membuat buku cerita sendiri / Scrapbook

Membuat buku cerita atau scrapbook bersama anak bisa menjadi kegiatan unik untuk mengisi liburan sekolah. Anak dapat memanfaatkan pembuatan scrapbook atau buku cerita mereka untuk mengabadikan kegiatan mereka selama libur sekolah. Ayah dan Bunda bisa memberi tantangan untuk membuat space di satu lembar scrapbook setiap harinya. setiap lembarnya dapat menggambarkan kegiatan mereka pada hari tersebut serta menggambarkan perasaan yang sedang mereka rasakan.

Membuat scrapbook dapat menjadi kegiatan yang dapat melatih proses pencernaan emosi pada anak. Anak akan diajarkan untuk melatih emosi yang mereka rasakan melalui hal kreatif.

 

10. Melakukan Hobi

Melakukan aktivitas yang disukai anak, termasuk melakukan hobinya, dapat meningkatkan suasana hati mereka, loh. Dari hobi, Ayah dan Bunda juga jadi bisa mengetahui minat dan bakat anak. 

Bimbing dan ajak anak untuk mengeksplorasi hobinya secara lebih mendalam. Misalnya dengan ikut lomba melukis, kelas musik, kelas membuat game, dan sebagainya. Dengan begitu, hobinya pun bisa jadi peluang yang menjanjikan bagi masa depannya kelak.

 

11. Belajar menjadi pendongeng

Mungkin kegiatan ini baru pertama kali didengar oleh ayah dan bunda, ya. Namun, ternyata kegiatan anak satu ini juga menarik untuk dilakukan, loh!, 

Anak dapat diberikan challenge setiap minggunya untuk mencari dongeng yang ingin mereka pentaskan di akhir minggu. Selanjutnya, Ayah dan Bunda dapat membuat pentas sederhana di dalam rumah bersama keluarga. , Mendongeng tidak hanya dapat melatih daya motorik otak, tetapi juga meningkatkan kehangatan dalam keluarga. Selain itu, kegiatan ini juga dapat melatih proses komunikasi dan kepercayaan diri anak yang akan bermanfaat bagi perkembangan sosial anak di masa depan. 

 

12. Belajar teknologi dengan permainan

Di masa liburan sekolah mungkin anak sudah memiliki rencana tersendiri kegiatan apa yang akan mereka lakukan, seperti bermain game bersama teman-teman atau bahkan mereka memiliki target khusus dari game yang mereka mainkan. Tapi apakah Ayah dan Bunda tahu jika hal tersebut tidak selalu negatif?. 

Anak yang sering bermain game melalui gadget cenderung lebih mudah memahami fitur yang dimiliki oleh game tersebut. Tidak hanya itu, ternyata bermain game juga dapat melatih kreatifitas dan rasa ingin tau anak.

Pengetahuan anak mengenai teknologi melalui game yang mereka mainkan dapat menjadi poin plus bagi anak. Hal tersebut dapat diarahkan agar anak tidak hanya memainkan game namun mampu menyusun strategi sampai dengan membuat game mereka tersebut. 

 

Oke, itulah beberapa rekomendasi ide kegiatan seru selama liburan sekolah anak. Apakah Ayah dan Bunda sudah menentukan kegiatan untuk mengisi waktu liburan anak ? Selain kegiatan di atas, Kalananti juga menyiapkan kegiatan bermanfaat yang bisa anak ikuti.

Anak dapat diajak mengikuti bootcamp-bootcamp pembuatan game sehingga kegiatan yang mereka lakukan tidak hanya menarik bagi anak namun juga dapat bermanfaat untuk kedepannya. salah satu bootcamp yang dapat anak ikuti ketika libur sekolah yaitu Kalananti Holiday program, disana anak tidak hanya belajar membuat game namun anak akan diajarkan untuk lebih berempathy terhadap penggunaan teknologi yang saat ini tidak bisa terlepas dari kehidupan kita, yuk cari tau infomasi selengkapnya hanya di Holiday Program Kalananti.

 

holiday program 2023

 

Referensi

https://www.haibunda.com/parenting/20221205164112-61-291159/10-kegiatan-saat-libur-anak-sekolah-yang-bisa-dilakukan-bareng-bunda-dan-ayah

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/06/20/091125920/manfaat-bermain-lego-untuk-anak-anak-dan-orang-dewasa?page=all

https://www.akseleran.co.id/blog/aktivitas-liburan-sekolah/

blogadmin