Programmer Cilik Bisa “Panen Uang” Karena Bisa Coding

Kini coding bukan hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun juga diikuti oleh anak-anak. Beberapa dari mereka juga telah menghasilkan uang dari kemampuan nya di dunia coding. Contohnya Yuma Soerianto yang dipuji oleh bos Apple, Tim Cook.

Dengan belajar coding, kini anak-anak bisa menghasilkan uang nya sendiri. Seperti contoh anak-anak berikut:

  1. Yuma Soerianto

    Yuma Soerianto sempat viral setelah dipuji oleh Tim Cook yang merupakan bos Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Jose (AS) pada 2017. Yuma yang merupakan siswa Middle Park Primary School di Melbourne, Australia. Kala itu, Yuma masih berumur 11 tahun, berhasil membuat aplikasi dalam hitungan jam.

    Dengan kemampuan nya, Yuma telah membantu orang tuanya dalam menghasilkan uang dengan aplikasi ciptaannya

  2. Benjamin Ahmed

    Seorang programmer cilik bernama Benjamin Ahmed bisa meraup USD 400.000 atau setara Rp 5,7 miliar dari menjual kode token digital (Non-fungible token). Usaha berjualan token digital ini dilakoni sekitar 2 bulan terakhir

    Pada usianya yang ke-5, Ahmed mulai belajar programming setelah melihat sang ayah, Imran, bekerja sebagai pengembang web. Baru beberapa bulan, Ahmed tertarik ikut belajar mengenai non-fungible token (NFT) alias token digital, kontrak cerdas, atau code yang dikoleksi. Dan pada Juni 2021. Ahmed membuat proyek yang disebut weird whales yang menampilkan 3350 paus dalam bentuk pixel yang berbeda-beda.

  3. Tanmay Bakshi

    Di usianya yang sangat muda yakni baru 14 tahun, Tanmay Bakshi sudah menjadi seorang programmer di perusahaan teknologi sekelas IBM. Ia memulai belajar coding di usia 5 tahun dengan ayahnya yang merupakan seorang programmer.

    Tanmay juga membuat channel YouTube dan memberikan tutorial belajar coding serta pengembangan website saat umurnya masih 5 tahun. Tanmay juga ahli di bidang kecerdasan buatan. Hal tersebut membuatnya mendapat penghargaan dari IBM hingga menyandang Knowledge Ambassador Award yang diberikan oleh Mohammed bin Rashid Al Maktoum Foundation, sebuah yayasan milik Raja Dubai

  4. Amanda Southworth


    Amanda Southworth, kali ini remaja perempuan yang jago coding. Ia belajar coding sejak berusia 11 tahun dan di umur 15, Amanda sudah bisa menghasilkan uang dari proyek-proyek kecilnya. Ia kini berhasil membuat dua aplikasi bersama Apple yakni Anxiety Helper dan Verena.

  5. Samaira Mehta

    Samaira Mehta berhasil menarik perhatian Google dan Microsoft karena jago coding. Bahkan kedua perusahaan teknologi raksasa itu mengundang Samaira untuk menjadi pembicara di sebuah konferensi.

    Samaira menciptakan sebuah permainan bernama CoderBunnyz di usia 8 tahun dengan tujuan membantu anak lain belajar coding. Samaira sukses menggelar 60 sesi workshop dan melatih lebih dari 2 ribu anak di Silicon Valley.

  6. Seth Yee

    Seth Yee merupakan anak berusia 8 tahun asal Singapura yang masuk deretan The World Most Genius Boys karena jago coding. Ia bahkan menguasai 3 bahasa pemograman yaitu JavaScript, Phyton, dan Ardunio.

    Di usia nya yang masih sangat muda, Seth sudah mampu menjadi mentor dan menjadi pengajar coding teman-temannya sebanyak dua sampai tiga kali seminggu.

Dengan berbekal kemampuan coding, mereka telah menunjukkan bahwa mereka bisa menciptakan sesuatu yang berguna sekaligus menghasilkan. Belajar bisa dari mana saja dan kapan saja. Jika kamu tertarik ingin mengenal lebih jauh tentang coding, yuk ikutan kelas GRATIS nya sekarang!!

Referensi

https://nftevening.com/meet-the-youngest-successful-nft-artist-and-his-weird-whales-nft-collection/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20181104132258-37-40481/5-bocah-ini-terkenal-dan-banjir-uang-karena-jago-coding

https://www.cnbc.com/2018/01/25/how-self-taught-14-year-old-tanmay-bakshi-became-an-ai-expert-for-ibm.html

https://www.liputan6.com/tekno/read/4644075/programmer-cilik-raup-rp-57-miliar-dari-jualan-token-digital?page=3

https://medium.com/@afterschoolapp/programming-with-passion-interview-with-15-year-old-developer-amanda-southworth-5c5ff800687f

https://medium.com/authority-magazine/female-disruptors-samaira-mehta-is-shaking-up-what-we-can-expect-from-10-year-old-girls-f295634a4940

https://medium.datadriveninvestor.com/young-programmers-of-this-modern-age-b40303ff21df

 

Maulana Rahman Nur