Mengenal Ilmuwan Muslim Dunia Abbas Ibnu Firnas Penemu Model Pesawat Terbang

Ibnu Firnas, penemu model pesawat terbang

Jika kamu mengetahui penemu pesawat terbang pertama yaitu Wright bersaudara, sebenarnya jauh sebelum ditemukannya konsep pesawat oleh Wright bersaudara ada seorang ilmuwan muslim yang bernama Abbas Ibnu Firnas, ia adalah orang pertama dari abad ke-8, yang berhasil mendemonstrasikan konsep mesin penerbangan.

Ia melakukan eksperimen untuk menemukan konsep pesawat terbang menggunakan berat, karena eksperimen terbang pertama dilakukan oleh dua filsuf China yaitu Mozi dan Lu Ban pada abad ke-5 tetapi dengan benda. Mereka disebut sebagai penemu layang-layang.

Dia melompat dari tebing dengan mesin penerbangan sederhana yang terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kain sutra dan bulu burung.

 

Abbas Ibn Firnas dengan percobaannya berhasil meluncur ke angkasa dan terbang selama kurang lebih 10 menit, kemudian jatuh dan terluka. Ia tidak menyerah dan mencari tau letak kesalahannya dan menyadari bahwa ia tidak menghitung mekanisme pendaratan, sehingga tak bisa menyeimbangkan penerbangannya dan mendarat secara paksa.

Selama 12 tahun selanjutnya di sisa hidupnya, Abbas Ibn Firnas menemukan bahwa pendaratan dilakukan dengan koordinasi ekor dan sayap. Ia pun mempelajari cara burung terbang dan mendarat.

Dunia mungkin mengingat Wright bersaudara sebagai orang pertama yang membuat mesin penerbangan, tetapi Abbas Ibnu Firnas adalah ilmuwan yang kurang dikenal yang pertama kali mendokumentasikan ide tersebut dalam bukunya dan menginspirasi orang lain untuk meneliti subjek aeronautika. Desain mesin terbangnya kemudian menjadi dasar teknik penerbangan pada akhir abad ke-20.

 

Mengenalkan Ilmuwan Muslim Melalui Kegiatan Kreatif Untuk Mengisi Waktu Luang Anak Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan dapat dijadikan momen bagi orang tua untuk dapat mengenalkan pengetahuan agama kepada anak, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara yang kreatif sehingga anak dapat merasakan nuansa Ramadhan dengan aktivitas yang menyenangkan. 

Selain ngabuburit, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Aktivitas ini bisa berupa hiburan atau kegiatan yang bermanfaat dan membawa berkah. Misalnya, berperan sebagai ilmuwan muslim melalui cerita sejarah islam.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajak anak mengeksplorasi kegiatan-kegiatan baik yang dilakukan oleh nabi, sahabat nabi, maupun ilmuwan muslim dunia sehingga anak dapat lebih mengenal islam dengan cara yang unik. Kegiatan yang dilakukan dapat dimulai dengan mengajak anak membaca buku sejarah islam.

Bermain peran juga dapat dilakukan dengan mempraktekkan konsep-konsep inovatif yang ada dalam sejarah islam. Seperti konsep penemuan pesawat oleh ilmuwan muslim yaitu Abbas Ibnu Firnas. Orang tua dapat mengajak anak menganalisis konsep penemuan pesawat yang dilakukan Abbas Ibnu Firnas Sambil mengajak anak membuat karya berupa Kerangka pesawat agar anak mendapatkan pengalaman yang nyata. 

Screenshot 2023-03-21 at 09.47.44

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh anak dan orang tua di rumah maupun melalui kegiatan interaktif lainnya di luar rumah. Kalananti sebagai penyedia wadah inovasi masa depan anak menyediakan kegiatan design thinking for Kids dengan tema Ilmuwan islam yang dapat anak ikuti kegiatannya pada bulan Ramadhan. Kegiatan tersebut dapat membantu anak memetakan masalah melalui perspektif ilmuwan muslim melalui kegiatan interaktif. 

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Ramadhan program dapat follow instagram kalananti atau menghubungi tim Kalananti di 081990009680 (WA)

Nayla Mumtaza