Main Roblox Sambil Belajar Coding, Emang Bisa ?

belajar coding sambil main roblox

Belajar coding bisa menjadi pengalaman yang menantang, terutama bagi pemula terutama anak-anak. Namun, dengan perkembangan teknologi, metode pembelajaran semakin menyenangkan. Salah satunya memanfaatkan game populer seperti Roblox sebagai media untuk memahami konsep-konsep dasar pemrograman. Artikel ini akan membahas mengapa belajar coding melalui game Roblox dapat menjadi cara yang menyenangkan dan edukatif.

 

Manfaat bermain Roblox

Daripada cuma main, kamu juga bisa bikin game Roblox versi kamu sendiri lho. Kamu bebas membuat dunia Roblox sesuai yang kamu inginkan. Selain seru, kamu juga bisa sekaligus belajar coding melalui game Roblox yang tentunya kamu juga bisa mendapatkan robux di game Roblox buatanmu sendiri. Selain bisa menghasilkan, Roblox juga memiliki manfaat sebagai berikut: 

 

1. Meningkatkan bonding dengan teman

mabar roblox

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah mabar (main bareng). Bermain bersama teman tentu memberikan tantangan tersendiri dibanding bermain sendiri. Dengan adanya tantangan tersebut, kamu bisa memanfaatkan nya dengan cara berdiskusi baik secara langsung (main bareng di tempat tongkrongan), maupun secara online (jarak jauh) dengan memanfaatkan fitur chat yang tersedia di Roblox. Semakin sering terjadi komunikasi dengan teman kamu, secara tidak langsung akan meningkatkan rasa kebersamaan dan kerja sama yang baik dimasa depan.

 

2. Menghilangkan stress

stres tugas sekolah

Sebagai platform game, tentunya bermain Roblox bisa menjadi pilihan untuk kamu melepas suntuk terhadap rutinitas. Stress yang berlebihan bisa berakibat tidak baik untuk psikologi kamu di masa depan. Sehingga bermain Roblox bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat pikiran dan perasaan menjadi senang kembali. Tentunya jangan sampai bermain berlebihan ya.

 

3. Mengumpulkan Robux

dapat robux

Robux adalah mata uang yang digunakan di dunia Roblox. Robux bisa kamu dapatkan dengan cara menjual kreasi kamu kepada orang lain. Orang lain yang ingin memainkan atau menggunakan item yang kamu buat, perlu memberikan kamu robux sebagai alat transaksinya. Selain itu, robux juga bisa lhoo di “rupiah kan” sehingga bisa menjadi sumber penghasilan kamu di dunia nyata. Lumayan untuk jajan.

 

4. Meningkatkan Kreativitas

kreativitas anak

Roblox memberikan kebebasan kepada penggunanya yang ingin memodifikasi fitur di dalam gamenya. Memodifikasi game Roblox pastinya memerlukan kreativitas untuk berfikir seperti apa dan bagaimana caranya membuat fitur tersebut. Kreativitas yang kamu hasilkan bisa juga dinikmati secara gratis maupun berbayar kepada teman atau orang lain yang tertarik dengan hasil karyamu. Pasti senang dong kalau hasil karya kamu mendapatkan apresiasi dari orang lain.

 

5. Belajar programming dan coding

Programming dan coding ? bedanya apa sih ? programming adalah pola berpikir komputasi, sedangkan coding adalah cara mengubah logika manusia menjadi bahasa mesin/komputer. Dengan belajar programming dan coding, kamu bisa mengasah kemampuan berfikir agar lebih tajam. Dengan kemampuan berfikir yang baik, kamu juga bisa memanfaatkannya di sekolah agar mendapat nilai yang lebih tinggi atau di kehidupan sehari-hari untuk membantu kamu dalam pemecahan masalah

 

6. Belajar 3D modelling

belajar 3d modelling

Selain belajar programming dan coding, kamu juga bisa belajar tentang bagaimana cara membangun dunia 3D di platform Roblox. Kamu bisa membuat rumah, gedung, kendaraan, dan lain-lain yang membutuhkan keterampilan dan pemahaman tentang konsep 3D. Cukup asik bukan ? menumpuk dan menempatkan objek dengan bentuk dasar (lingkaran, kotak, segitiga) menjadi objek yang biasa kamu kenal.

 

7. Meningkatkan keterampilan komputasi

belajar coding untuk anak

Sebenarnya meningkatkan keterampilan komputasi bisa diasah melalui internet. Namun cara tersebut kurang efektif. Apalagi jika sebagian besar waktu dihabiskan dengan menonton Youtube atau media sosial. Dengan Roblox, kamu bisa mengasahnya dengan cara mempelajari navigasi yang disediakan oleh Roblox. Kamu juga bisa mengasah keterampilan dalam mengetik menggunakan perangkat komputer untuk membuat baris-baris perintah coding atau melalui fitur chat di dalam game.

 

8. Memperluas lingkup pertemanan

memperluas pertemanan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa hasil karya kamu bisa diapresiasi oleh orang lain bukan ? orang lain tersebut bisa kamu asumsikan sebagai orang baru yang sebelumnya tidak kamu kenal. Dengan adanya fitur berbagi karya tersebut, kamu bisa mendapatkan teman yang lebih luas lagi dengan beragam latar belakang sehingga akan berguna untuk memperluas relasi pertemanan di dunia nyata. Namun kamu tetap perlu berhati-hati ya dalam menerima pertemanan dengan orang yang belum kamu kenal sebelumnya.

 

Demikian beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan cara yang menyenangkan. Sebelum mulai membuat game Roblox, pertama-tama kamu bisa mempelajari terlebih dahulu tentang game Roblox itu sendiri. Ada beberapa poin yang perlu kamu pelajari dan pahami, yaitu:

 

1. Roblox Sebagai Platform Game dan Pembelajaran Coding

Roblox bukan hanya sekadar game lho, tapi sebagai sebuah platform kreatif yang memungkinkan kamu untuk membuat game kamu sendiri. Dengan memahami pemrograman, kamu dapat mengembangkan pengalaman game kamu sendiri, berbagi karya, dan menjual karyamu dengan komunitas.

 

2. LUA, bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat Roblox

Bahasa pemrograman Lua adalah bahasa pemrograman yang digunakan kamu untuk membuat perintah dan fungsi yang ada di game Roblox. Dengan mempelajari bahasa ini, tentunya kamu akan lebih mudah ketika sedang membuat game Roblox versi kamu sendiri

 

3. Skrip dan Pengkodean dalam Roblox Studio

Roblox studio adalah editor yang digunakan ketika kamu membuat game Roblox. Di Roblox studio, kamu akan diberikan berbagai macam menu untuk membuat object, memodifikasi, sampai membuat perintah/fungsi kedalam object di Roblox mu. Tentunya dengan menggunakan bahasa pemrograman Lua

 

4. Belajar sambil bermain

Kelebihan utama belajar coding melalui Roblox adalah pendekatan bermain sambil belajar. Dengan membuat dan memodifikasi game, kamu tidak hanya mendapatkan pemahaman mendalam tentang konsep pemrograman, tetapi juga merasakan kepuasan saat melihat hasil karya kamu yang bisa kamu mainkan sendiri atau bersama teman-teman

 

5. Komunitas dan kolaborasi

Roblox memiliki komunitas yang aktif dan ramah. Melalui fitur-fitur seperti grup dan forum, kamu dapat berbagi pengalaman, bertanya, dan berkolaborasi dalam pembuatan game.

 

Belajar coding melalui game Roblox bukan hanya tentang menciptakan pengalaman bermain yang seru, tetapi juga membuka pintu pemahaman mendalam tentang dunia pemrograman. Dengan kreativitas, kerja sama, dan dukungan komunitas, Roblox menjadi sebuah sarana yang unik dan efektif untuk memulai perjalanan dalam dunia coding. Selain belajar, kamu juga bisa menghasilkan “uang” jajanmu sendiri karena game Roblox juga menyediakan fitur untuk me-monetizing hasil karya mu.

 

Jika kamu ingin coba memulainya namun tidak tahu harus bagaimana, kamu bisa ikuti trial class di Kalananti. Selain gratis, kamu tidak perlu khawatir jika belum punya pengalaman di dunia pemrograman. Karena kamu akan diajarkan dari dasarnya sekaligus dapat pengalaman belajar bersama teman seusiamu. Yuk daftar sekarang sebelum kehabisan kursi

trial class roblox

Referensi

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/dinda-mustikasari/manfaat-mabar-di-Roblox-untuk-anak

Maulana Rahman Nur