6 Games Untuk Meningkatkan Keterampilan Entrepreneurship Anak

games untuk meningkatkan keterampilan wirausaha

Halo Ayah dan Bunda! Tahukah kalau kemampuan entrepreneurship adalah kemampuan unggul yang dibutuhkan di masa depan? Alasan Entrepreneurship dibutuhkan di masa depan adalah untuk mewujudkan kemandirian dalam mencari peluang, karena anak kelak akan bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri. Jiwa entrepreneurship penting dimiliki oleh siapapun karena membuat anak terbiasa berpikir kritis, menciptakan inovasi dan pemecahan masalah.

Apakah anak di rumah sering menolak saat diajarkan suatu ilmu atau pelajaran? Nah, cara untuk mengatasinya itu kita bisa menerapkan metode bermain sambil belajar. Menurut penelitian oleh Parker dan Thomsen (2019) menemukan bahwa pengalaman bermain menjadikan pembelajaran lebih efektif karena menyenangkan, anak terlibat secara aktif, bermakna, dan interaktif. Dengan bermain games bertema entrepreneurship, anak akan mengeksplorasi, mengutak-atik, dan memikirkan ide, untuk mencari solusi memperoleh pendapatan maksimal.

Makanya di artikel kali ini, Kakmin ingin membagikan rekomendasi-rekomendasi game seru sekaligus bisa belajar entrepreneurship untuk anak, nih Ayah dan Bunda!

 

Game meningkatkan entrepreneurship menggunakan gadget

 

Rollercoaster Tycoon Story

Game kedua yang akan kita bahas adalah Rollercoaster Tycoon. Game ini tentang membangun dan mengelola taman hiburan yang unik. Sebagai pemain, anak akan bertanggung jawab untuk membuat, mengoperasikan, dan mengelola taman bermain.

anak akan mengumpulkan poin lewat permainan puzzle sederhana, seperti Candy Crush, lalu dengan poin itu dia bisa membersihkan dan membangun taman hiburan untuk menarik orang-orang. Rollercoaster Tycoon Story bisa dimainkan di perangkat iOS dan Android.

 

Coffee Shop

Game berjudul Coffee Shop ini sesuai namanya bercerita tentang anak menjadi pemilik toko kopi yang harus merencanakan resep, manajemen keuangan, harga dan promosi agar memperoleh keuntungan. Cara bermain game ini terbilang cukup mudah dan menarik karena anak bisa melihat feedback dari para pembeli dan menjadikannya pertimbangan untuk toko kopi miliknya.

 

AdVenture Capitalist

Ayah dan Bunda masih inget gak pernah bermain game sebagai seorang penjual lemonade di komputer dulu? Jika iya, nah game ini kurang lebih sama, yakni bertema penjual lemonade yang akan memperoleh uang dan bisa digunakan untuk mengupgrade peralatan yang dimiliki. Game ini juga gak hanya berjualan lemonade aja loh, Bunda! Di game ini, kita bisa membuka usaha di bidang lain seperti penjual koran, restoran hingga sebuah carwash.

Selain main game-game menarik di atas, ternyata banyak loh game lain yang tidak kalah menarik dan meningkatkan entrepreneurship meskipun tanpa menggunakan gadget !

 

Monopoli

Siapa yang gak pernah main game legendaris ini? Monopoli adalah board game dimana anak akan belajar untuk melatih kemampuan membuat keputusan dan berusaha untuk meningkatkan nilai aset sebanyak-banyaknya. Sekarang monopoli bisa dimainkan di gadget maupun tablet, jadi Ayah dan Bunda bisa bermain monopoli bersama dengan anak.

 

Rapidough

Rapidough sangat cocok untuk mendidik anak menjadi entrepreneur atau wirausahawan kreatif. Dalam satu set permainan berisi 2 pot playdough model, 2 alas, 2 alat plugger playdough, 2 alat model, 300 kartu kata dan aturan. Cara bermainnya, para pemain dibagi menjadi 2 tim dalam game ini, keduanya terdiri dari modeller dan penebak. Tim modeller akan menarik kartu dan membentuk playdough / lilin mainan mengikuti kartu tersebut, sedangkan tim lain akan berusaha menebaknya dan mendapat poin. Tim yang menang dapat mengambil bagian dari playdough tim yang kalah. Tim yang paling banyak menebak dan memiliki playdough akan menang. Game ini murni mengandalkan sinkronisasi antara pemain di setiap tim dan melatih kekompakkan dengan anak dan saudaranya.

 

Bermain peran / roleplay

Selanjutnya kita akan bermain peran atau roleplay dengan anak. Ayah dan Bunda bisa meminta anak memikirkan ide atau penemuan dan minta anak memikirkan bagaimana cara agar benda tersebut terjual! Sebagai petunjuk, Ayah dan Bunda bisa memberikan bantuan seperti

“Coba siapa yang kira-kira mau beli benda ini?”

“Berapa harga barang yang mau kamu jual?”

Cara lainnya, coba gunakan sesuatu yang anak minati untuk mendorong mereka mengubahnya menjadi ide bisnis – misalnya, anak yang suka menggambar bisa diarahkan menjadi seniman, atau anak-anak yang suka membuat kue bisa diarahkan memulai bisnis kue! Dengan cara ini, anak dapat mengenali dan mempertimbangkan hasrat atau profesi masa depan.

Dengan memainkan game-game ini, anak tidak hanya bersenang-senang, namun juga mengasah keterampilan entrepreneurship yang ia miliki. Selain itu, game-game ini bisa dimainkan dengan siapapun sehingga menjadi semakin seru dan menarik! Semoga artikel rekomendasi game ini bermanfaat ya, Ayah dan Bunda!

===

referensi :

https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/feduc.2022.751801/full

https://blog.playosmo.com/entrepreneurial-skills-with-interactive-games-for-kids/

Learn the Secret to Building a Winning Strategy: 8 Fun Games for Aspiring Entrepreneurs of All Ages

Top 9 Business Games for Kids

https://lemonadeday.org/blog/best-entrepreneurship-games-online-kids

https://edtechreview.in/trends-insights/trends/2707-business-games-for-kids

https://www.reviewgeek.com/110716/a-modern-board-game-history-from-monopoly-to-today/

How to Encourage Your Kids to Grow Up to Be Entrepreneurs

https://www.linkedin.com/pulse/20131014150348-108843352-what-a-role-playing-game-can-teach-about-entrepreneurship

https://fleximize.com/articles/004505/top-board-games-for-entrepreneurs

Ahmad Syahid Zakaria