Bukan Sekedar Softskill! Kenali 4 Super Skill Untuk Kesuksesan Anak

“Apa itu Super Skill?”

Pasti itulah yang muncul pertama kali di benak Ayah dan Bunda. Super Skill adalah kombinasi keterampilan yang akan berguna di masa depan. Super Skill bukanlah softskill biasa karena bisa mendorong pemanfaatan dan efisiensi teknologi agar semakin produktif. Karena itu, Super Skills akan menjadi kombinasi keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia yang semakin cepat berubah akibat perkembangan teknologi.

Teknologi dan lapangan pekerjaan yang semakin berkembang menimbulkan banyak keterampilan yang diperlukan di masa depan. Tidak hanya keterampilan baru, tapi juga kombinasi keterampilan yang telah ada sebelum era digitalisasi di masa depan. 

 

Kenapa Super Skills Penting Buat Anak?

Super Skills akan menjadi kombinasi keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi dunia yang semakin cepat berputar. Tapi tahu gak sih, Super Skills itu relevan bukan hanya buat masa depan, tapi juga masa kanak-kanak anak loh, Ayah-Bunda! Misalnya saat anak bertemu suatu masalah, maka ia tidak mudah menyerah dan terus berusaha memecahkan masalahnya.

 

Apa saja sih contoh Super Skills itu?

 

1. Keterampilan Emosional

anak memiliki keterampilan emosional yang baik jika bisa menerima, mengelola, serta mengontrol emosi diri dan orang lain di sekitarnya. Termasuk juga kemampuan memiliki daya tahan ketika ia berhadapan dengan masalah. Keterampilan ini sangat dibutuhkan agar anak menjadi lebih tangguh di masa depan.

 

2. Keterampilan Motorik

anak hampir setiap saat main HP atau nonton kartun kesukaannya? Ayah dan Bunda harus mulai mengambil tindakan loh! Yap, ini saatnya jauhkan gadget dari anak alias mengurangi waktu screen time. Tapi gimana dong, apa gak rewel nantinya anak? 

Eits, jangan khawatir! Ayah dan Bunda bisa mengajak anak untuk bermain di luar rumah seperti pergi ke taman, main trampolin, bersepeda dan lain-lain. Hal ini berguna untuk melatih keterampilan motorik anak. Jika anak menghabiskan waktunya dengan duduk sambil memainkan gadget, tentu perkembangan motorik mereka akan terhambat dibanding anak-anak seusianya.

 

3. Keterampilan Eksekutif

Keterampilan eksekutif sangat diperlukan agar anak dapat menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik. Misalnya anak diminta untuk membereskan kamarnya, maka ia akan membuat rencana harus membereskan kamar dimulai dari merapikan mainan, dan seterusnya. Super Skill eksekutif ini adalah kumpulan dari softskill perencanaan, manajemen waktu, berpikir kritis, maupun pemecahan masalah. 

 

4. Keterampilan Interpersonal

Keterampilan interpersonal adalah keterampilan anak untuk berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain di sekitarnya. Tidak sekedar berkomunikasi, anak juga harus memiliki keterampilan negosiasi dan self-regulation atau regulasi diri yaitu mengelola emosi dan perilakunya.

 

5. Keterampilan Komunikasi dan Berbahasa

Last but not least adalah keterampilan komunikasi dan berbahasa. Keterampilan yang sering kita anggap biasa saja tapi justru punya pengaruh besar bagi perkembangan anak loh! Karena bahasa mendorong anak untuk lebih mudah memahami suatu logika, dibandingkan ilmu lainnya. Selain itu kemampuan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan seumur hidupnya karena anak akan hidup di tengah masyarakat yang beragam.

Dalam menghadapi tantangan di masa depan, sebagai orang tua patutnya Ayah dan Bunda bisa mempersiapkan masa depan anak dengan sebaik mungkin. Selain membekalinya dengan Super Skill ini, Ayah dan Bunda juga perlu percaya pada kemampuan anak, karena setiap anak lahir dengan istimewa. Semoga artikel ini bermanfaat ya! 

Referensi :

  • https://www.creativecraftingclub.com/blog/5-superskills-every-kid-needs
  • http://www.hanen.org/Helpful-Info/Articles/The–Super-Skill–for-School-Readiness.aspx
Admin Kalananti