6 Rekomendasi Kegiatan Akhir Pekan Anak, Dijamin Seru dan Bermanfaat!

Kegiatan Akhir Pekan Anak, Dijamin Seru dan Bermanfaat!

Menghabiskan waktu akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat bagi anak menjadi PR tersendiri bagi orang tua saat ini. Sebagai orang tua, tentu akhir pekan menjadi momentum yang menarik untuk dapat melatih skill-skill dan kemampuan baru anak setelah setiap hari sudah melakukan aktivitas di sekolah. Namun nyatanya, mencari tempat bermain yang edukatif bagi anak di akhir pekan saat ini menjadi tantangan baru bagi orang tua. Orang tua harus kreatif dalam mencari tempat untuk anak agar dapat melakukan kegiatan produktif yang menyenangkan dan juga menstimulasi tumbuh kembang mereka.

Saat ini aktivitas akhir pekan anak sudah bisa ditemukan dengan mudah melalui kegiatan yang bergam, baik di dalam maupun di luar rumah.  Ada banyak pilihan aktivitas akhir pekan yang cocok untuk membawa anak bersenang-senang dengan manfaat yang banyak, tidak percaya? Yuk simak beberapa aktivitas yang kami rekomendasikan! 

 

Eksperimen Sains

Sains bisa dijelaskan pada anak-anak dengan cara menyenangkan dan tentu mengedukasi. Dengan mengetahui manfaat mempelajari sains, orang tua dapat menstimulasi rasa ingin tahu, minat, serta keterampilan memecahkan masalah anak dengan lebih baik. Eksperimen sains dapat memunculkan pemikiran dan perbuatan seperti mengobservasi, berpikir, dan mengaitkan antar konsep atau peristiwa.

Saat weekend, orang tua dapat mengajak anak melakukan kegiatan sains yang menarik dan menyenangkan untuk membangkitkan antusiasme anak dan membuat mereka bersemangat untuk mempelajari hal baru. Beberapa ide eksperimen sains dapat ditemukan di berbagai website seperti thedadlab.com, sciencefun.org, sciencekids.co.nz, dan lainnya.

Selain itu, mempelajari konsep sains saat ini dapat dikembangkan dengan mengedepankan pembuatan proyek melalui pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math). Anak tidak hanya mengetahui satu konsep pengetahuan namun integrasi dan keterkaitan antara beberapa konsep tertentu, sehingga pembelajaran yang diterima anak dapat lebih menyeluruh.

 

Kegiatan Memasak Bersama

 

Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama antara orang tua dan anak yaitu memasak bersama! Selain menambah life skills, orang tua dapat mengajak anak mengobservasi bahan-bahan yang digunakan dalam proses memasak, perubahan bentuk dan tekstur yang terjadi ketika memasak, belajar menghitung dengan melakukan pengukuran bahan, dan lain sebagainya.

Di saat weekend orang tua dapat memanfaatkan dapur sebagai laboratorium bagi anak, orang tua dapat memanfaatkan laboratorium untuk dapat membangun koneksi antara anak dan orang tua serta dengan belajar memasak anak akan belajar mengamati, membaca, merasakan, mencium sehingga kegiatan ini memberikan ruang bagi anak untuk dapat bereksplorasi, salah satu cara yang dilakukan dapat dengan melihat beberapa website memasak yang dapat diakses dengan mudah di rumah oleh orang tua dan anak seperti website thekitchn.com, therecipecritic.com, Cooksmarts.com 

Selain dapat dilakukan di rumah ada beberapa rekomendasi kegiatan memasak yang bisa dilakukan di luar rumah, seperti mengikuti beberapa aktivitas memasak berikut:

1. ABC Cooking Studio Indonesia (Senayan City, Jakarta Pusat)

Kegiatan memasak ini dapat dilakukan mulai dari anak muda hingga orang dewasa, anak dan orang tua dapat diajak untuk membuat hidangan dengan spesialisasi di bidang pastry, anak dan orang tua akan diajak untuk membuat hidangan manis yang dapat dinikmati oleh keluarga di rumah.

2. Kekoci (Kelas Koki Cilik)

Kelas yang bisa diikuti oleh anak di akhir pekan ini dapat menjadi eksperience baru bagi anak, selain mendapatkan pengalaman memasak bersama koki sebagai fasilitator, anak juga akan mendapatkan teman baru dan pengetahuan baru.

 

Melakukan Yoga Bersama di Rumah

Waktu weekend merupakan saat yang baik untuk melakukan kegiatan yang dapat mendukung kesehatan fisik dan mental keluarga. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki proses tumbuh kembang yang sehat. Kegiatan yoga dapat mendorong kesehatan mental anak dan dinilai bisa memberikan efek positif pada anak dengan asma, irritable bowel syndrome (IBS), autisme, ADHD, dan banyak manfaat lainnya.

Yoga yang dilakukan bersama keluarga akan meningkatkan proses komunikasi dan kerjasama, serta mendorong keeratan dan afeksi antar anggota keluarga.  Selain itu, yoga juga dapat melatih pengaturan emosi, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta mendorong kesadaran akan kesehatan tubuh bagi anak.

American Psychological Association bahkan menjadikan yoga sebagai salah satu alat bantu penting dalam psikoterapi.  Jika baru pertama kali melakukannya, orang tua bisa mengikuti gerakan-gerakan dari video di internet dan mengajak anak untuk melakukannya bersama.

 

 

Wisata Virtual

Saat ini banyak sekali museum, mulai dari museum bersejarah hingga museum seni modern, dapat dikunjungi oleh orang tua dan anak secara virtual. Anak dapat melihat berbagai karya seni dunia melalui wisata virtual tersebut secara mudah dan tentu saja mendapatkan pengetahuan baru yang luas melalui wisata virtual ini. Beberapa pilihan wisata virtual yang saat ini dapat dengan mudah di akses diantaranya yaitu Van Gogh Museum, Smithsonian National Museum of history, Museum National Indonesia, dan banyak lainnya.

Wisata virtual museum ini juga dapat menjadi salah satu alternatif bagi anak dalam memanfaatkan gadgetnya di akhir pekan.

 

Role Play menggunakan Barang Bekas

Pernahkah ayah dan bunda melihat anak berakting sebagai superhero? atau melihat anak bermain masak-masakan dan seolah-olah menjadi koki? kegiatan tersebut merupakan kegiatan bermain peran atau yang disebut dengan role play. Bermain peran tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi anak dan orang tua, namun lebih dari itu bermain peran akan memiliki manfaat dapat membantu mendukung proses imajinasi dan berpikir kreatif anak, anak secara tidak langsung juga akan diajak untuk menyelesaikan sebuah konflik dan mendorong sikap berempati pada anak.

Orang tua dapat mengajak anak untuk memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumah seperti kardus TV, kardus air mineral, kardus kulkas, atau kardus mie instan mie instan. Kardus tersebut dapat dijadikan sebagai alat peraga bagi anak dalam bermain role play. Anak dapat bermain peran menjadi masinis dengan membuat kardus kereta api, atau menjadi polisi dengan memanfaatkan kardus bekas untuk dijadikan mobil polisi, dan yang lainnya seperti membuat istana, rumah-rumahan, atau pesawat terbang.

 

 

  1. Eksplorasi Keterampilan Baru

Akhir pekan dapat dimanfaatkan pula oleh orang tua untuk memberikan dorongan kepada sang anak dalam menekuni minat dan bakatnya melalui kegiatan yang bermanfaat. Minat dan bakat ini kemudian dapat berkembang menjadi hobi bermanfaat, yang bisa menjadi bekalnya dalam menghadapi bermacam-macam pilihan profesi di masa depan.

Berikut rekomendasi kegiatan anak yang dapat mendorong hobi dan minat anak terhadap profesi di masa depan:

1. Belajar menjadi App Designer dengan platform MIT App Inventor

Anak hobi bermain gadget di waktu senggangnya? Mengikuti kelas App Design dengan platform MIT App Inventor di saat weekend menjadi solusi edukasi anak yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan masa depannya. Anak diajak menjadi pembuat aplikasi jitu yang dapat dibagikan dan diunduh oleh orang lain. Sangat menarik bukan? 

2. Belajar menjadi Graphic Designer dengan platform Canva

Bagi anak, mempelajari desain grafis akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengekspresikan kreativitasnya dalam bentuk karya seni. Kemampuan tersebut nantinya bisa dipakai hampir di setiap jenis pekerjaan, masa kini maupun masa mendatang. Sebagai seorang graphic designer, anak akan membuat berbagai jenis karya yang dapat dinikmati untuk khalayak umum. 

3. Belajar menjadi Game Designer dengan platform Minecraft HatchKids

Orang tua saat ini perlu mengetahui bahwa ternyata industri game di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan saat ini. Berdasarkan data ISPL (Indonesia Esports Premier League), Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang dan industri ini menghasilkan pendapatan sebesar USD1,04 miliar pada tahun 2019. Maka dari itu hobi anak terhadap game memiliki potensi yang sangat besar, apabila dikelola dengan baik. Yuk ajak anak untuk tidak hanya bermain game, namun juga membuat game yang dapat dimainkan oleh teman lainnya. 

 

Kalananti hadir dengan Weekend Bootcamp-nya yang dapat menjadi salah satu alternatif orang tua untuk memanfaatkan waktu luang anak pada akhir pekan dengan kegiatan yang bermanfaat. Yuk eksplorasi skill masa depan yang sesuai dengan minat bakat anak di #WeekendBootcamp Kalananti, daftarkan dirimu segera di www.kalananti.id/bootcamp.

{% module_block module “widget_1678777834024” %}{% module_attribute “label” %}Button{% end_module_attribute %}{% module_attribute “path” %}@hubspot/button{% end_module_attribute %}{% module_attribute “module_id” %}8243667{% end_module_attribute %}{% module_attribute “schema_version” %}2{% end_module_attribute %}{% module_attribute “tag” %}module{% end_module_attribute %}{% module_attribute “no_wrapper” %}false{% end_module_attribute %}{% module_attribute “link” %}{“url”:{“content_id”:null,”href”:”https://www.kalananti.id/bootcamp”,”type”:”EXTERNAL”},”open_in_new_tab”:false,”no_follow”:false}{% end_module_attribute %}{% module_attribute “button_text” %}Weekend Bootcamp{% end_module_attribute %}{% module_attribute “style” %}{“override_default_style”:true,”button_color”:{“color”:”#0C5394″,”opacity”:100}}{% end_module_attribute %}{% module_attribute “css” %}{“margin-top”:”10px”}{% end_module_attribute %}{% module_attribute “child_css” %}{}{% end_module_attribute %}{% end_module_block %}

Nayla Mumtaza