"Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Salah satu tantangan menjadi orang tua adalah menjalin komunikasi dengan si Kecil. Beranjak dewasa, si Kecil akan mencari teman-teman baru yang lebih mengasyikkan."

Tips Jadi Orang Tua yang Mengasyikkan dan Anti Membosankan!

Pernahkah Ayah dan Bunda merasa kalau interaksi dengan si Kecil semakin berkurang? Mungkin salah satu penyebabnya karena si Kecil mencari teman baru yang lebih mengasyikkan dan anti membosankan. Dia yang dulu sering ngobrol dengan Ayah dan Bunda sekarang telah memiliki dunia sendiri bersama teman-teman atau merasa obrolan dengan si Kecil semakin membosankan?

Si Kecil mulai menjaga jarak karena menemukan teman yang lebih mengasyikkan di sekitarnya. Alasannya mungkin si Kecil merasa bosan dan ingin bertemu dengan orang baru di luar rumah. Manusia sebagai makhluk sosial menjalin hubungan dengan orang di sekitar mereka melalui komunikasi. Semakin sering berkomunikasi, maka biasanya kita akan makin dekat dengan orang itu. Begitupun juga hubungan antara Ayah dan Bunda dengan si Kecil.  

Menjalin hubungan yang erat dengan si Kecil adalah hal yang sangat penting bagi Ayah dan Bunda maupun si Kecil. Jika si Kecil merasa kalau keluarga tidak dapat memberi kenyamanan yang dia inginkan, tentu ia akan mencarinya di luar keluarga seperti dari teman-teman maupun lingkungan sekitar yang terbebas dari kontrol orang tua. Jika hubungan dengan orang tua tidak erat, bukan tidak mungkin si Kecil bisa bertemu dengan teman-teman yang kurang baik.

Poin yang perlu diingat adalah keterbukaan terhadap pemahaman satu sama lain. Ayah dan Bunda berasal dari generasi yang berbeda dengan si Kecil. Eits, jangan berkecil hati dulu! Ayah dan Bunda bisa menyimak tips-tips dari Kakmin tentang cara menjadi orang tua yang update dan asyik bagi si Kecil.

  • Memahami perbedaan “gap” generasi

Langkah pertama menjadi orang tua yang mengasyikkan dan anti membosankan adalah menerima perbedaan. Sebagai orang tua, tentu Ayah dan Bunda lahir dari kondisi lingkungan, sosial, maupun teknologi yang sangat berbeda dengan si Kecil. Hal ini yang membentuk pola pemikiran yang unik dan berbeda tiap generasi. Jadi langkah pertama adalah menyadari kalau perbedaan adalah hal yang sangat wajar ketika berhubungan dengan si Kecil dan tidak langsung menghakimi mereka.

  • Memahami karakteristik dan watak si Kecil

Menjadi orang tua tentunya harus memahami karakter dan juga watak dari si Kecil. Dengan memahaminya, maka Ayah dan Bunda dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan si Kecil. Misalnya seperti apa penyebab si Kecil jadi ngambek atau apa yang dilakukan agar kembali ceria.

  • Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang tentu ingin dihargai oleh orang lain. Begitu juga si Kecil, ia ingin dihargai oleh Ayah dan Bundanya. Tapi karena kesibukan bekerja atau mengurus rumah membuat Ayah dan Bunda jarang memiliki waktu untuk berbincang ringan dengan si Kecil. Mulai sekarang yuk coba dekati si Kecil dan tanyakan suasana hatinya dan apa yang bisa dilakukan untuk membuatnya bahagia.

  • Memenuhi love language si Kecil

Setiap orang memiliki love language atau bahasa cinta miliknya sendiri. Ayah dan Bunda bisa memikirkan seperti apa bahasa cinta yang dimiliki si Kecil dan memberikannya pada si Kecil agar ia merasa dicintai dan disayangi oleh kedua orang tuanya.

  • Mengetahui isu terkini dari dunia si Kecil 

Agar menjalin hubungan yang lebih erat dengan si Kecil, kita perlu mengerti pola pikir dan dunia si Kecil. Misal, tahu film atau video kesukaannya, kenal dengan teman-temannya, atau tahu minat dan bakat yang dimiliki si Kecil.

Nah, tadi adalah kelima contoh tips agar bisa menjalin hubungan yang erat dengan si Kecil. Kunci utamanya adalah saling terbuka dan memahami tentang pemikiran dan perasaan satu sama lain. Ayah dan Bunda bisa lebih dulu mendekati si Kecil dengan memahami dunia mereka. Semoga tips ini bermanfaat ya, Ayah dan Bunda!

Facebook
WhatsApp
Email

Baca Artikel Lainnya

Ruko U Ville A Blok UA/01 Bintaro Jaya, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Tangerang Selatan, Indonesia

© 2022 Kalananti. All Rights Reserved